Kopi Adat dan Modal

Lokasi: Kota Palu, Sulawesi Tengah

Harga: Rp. 55.000

Jika anda berminat silakan pesan ke e-mail kami palu.ytm@gmail.com atau sms ke 082291794751. Anda juga dapat menghubungi kami via facebook.

Judul : Kopi, Adat dan Modal (Teritorialisasi dan Identitas Adat di Taman Nasional Lore Lindu)

Penulis: Claudia D’Andrea, Ph.D

Penerbit: Yayasan Tanah Merdeka, Tanah Air Beta, dan Sajogyo Institute

Diterbitkan pertama kali dalam bahasa Indonesia (Mei, 2013)

Ringkasan singkat: Buku ini menceritakan tentang petani kopi idigineous yang memenangkan pengakuan negara atas wilayah ulayat mereka di satu tempat bernama Katu yang berada di kawasan Taman Nasional Lore Lindu, Sulawesi Tengah. Kemenangan pengakuan terhadap hak katu telah menghasilkan strategi petani-petani Katu untuk menggunakan kapasitas produksi tanah mereka sebagai upaya menguatkan identitas indegenous dan adat mereka melalui praktek-praktek baru akumulasi modal.

Dalam buku ini Claudia D’Andrea menggambarkan proses dinamika yang menghasilkan bentuk-bentuk baru teritorialisasi di dalam negara di seputar Taman Nasional. Suatu pemahaman baru tentang teritorialisasi yang berada di luar analisis tingkat negara yang mendorong terjadinya perekaan kembali (reimagining) indentitas-identitas kultural. Tentu saja ini bukan saja tentang Katu melainkan juga tentang dinamika dan luwesnya institusi adat dalam menghadapi kotradiksi-kontradiksi kapitalisme dalam konteks konservasi dimanapun berada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

|Yayasan Tanah Merdeka | Telepon/fax (0451) 425 892 |Jl. Tanjung Manimbaya III No. 111 B Palu 94113, Sulawesi Tengah |paluytm@gmail.com/ytm@ytm.or.id|